Persiapan menuju BLUD UPTD Puskesmas Sukosari

Saat ini UPTD Puskesmas dan Labkesda di lingkungan kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso sedang mempersiapkan dokumen administratif BLUD. Support dari Dinkes Bondowoso pun tidak main-main, dimulai dari mengadakan BIMTEK Pendampingan Penyusunan Dokumen Administratif BLUD dengan Narasumber profesional yang berasal dari Universitas Indonesia. Bimtek tersebut dilaksanakan selama 3 (tiga) hari pada tanggal 26-28 Juni 2024 di Hotel Ijen View.

Acara dimulai pada tanggal 26 Juni 2024 dan dibuka oleh PJ Sekda Kabupaten Bondowoso, Haeriyah Yuliati,S.Sos., M.M. Acara dihadiri oleh 25 UPTD Puskesmas dan 1 Labkesda di Kabupaten Bondowoso dengan jumlah masing-masing 4 orang tiap instansi. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi atau bimbingan teknis oleh narasumber.

Materi yang disampaikan yaitu tentang penyusunan 4 dokumen meliputi Dokumen Pola Tata Kelola, Rencana Strategis, Standar Pelayanan Minimal (SPM), dan Tata Keuangan. Acara tersebut tidak hanya melalui metode ceramah atau pemaparan materi saja, akan tetapi juga langsung praktek menyusun dokumen pada saat itu juga. Sehingga peserta lebih mengetahui dan memahami materi yang disampaikan oleh narasumber.

Pada hari terakhir bimtek, diisi dengan pemaparan dokumen yang telah disusun oleh beberapa puskesmas yang menjadi perwakilan. Narasumber memberikan review atau feedback atas dokumen yang telah disampaikan oleh peserta untuk mengetahui apa saja kekurangan dari dokumen yang telah disusun tersebut. Acara ditutup oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso, dr. Slamet Santoso.

Sebagai peserta, kami dari UPTD Puskesmas Sukosari merasa sangat semangat dan terbantu dengan diadakannya bimtek tersebut. Semoga seluruh UPTD Puskesmas dan Labkesda di Kabupaten Bondowoso selalu diberikan kelancaran dan kemudahan dalam meraih BLUD pada tahun ini.

 

Share Berita Ini