Bersama UPTD Puskesmas Sukosari, Kami Bisa Jaga Jiwa

ODGJ adalah orang yang mengalami gangguan dalam pikiran, perilaku, dan perasaan yang termanifestasi dalam bentuk sekumpulan gejala dan/atau perubahan perilaku yang bermakna, serta dapat menimbulkan penderitaan dan hambatan dalam menjalankan fungsi orang sebagai manusia. Meningkatnya angka penderita ODGJ membuat upaya kesehatan jiwa perlu dilaksanakan dengan menekankan upaya promotif, preventif, dan rehabilitasi dengan tidak melupakan pelayanan kuratif. Fasilitas kesehatan terdekat bagi pasien gangguan jiwa salah satunya adalah Posyandu Jiwa.

Kegiatan di posyandu jiwa tidak hanya difokuskan pada proses penyembuhan, peningkatan keterampilan, dan kemampuan orang yang mengalami gangguan jiwa saja tetapi juga pada dukungan keluarga dalam memandirikan orang yang mengalami gangguan jiwa. Di posyandu jiwa kelompok keluarga akan mendapat berbagai pengalaman dan pengetahuan antar anggota sebagai bahan untuk meningkatkan kemampuan keluarganya yang mempunyai masalah gangguan jiwa.

Saat ini masih ada 1 posyandu jiwa di wilayah kerja UPTD Puskesmas Sukosari yang menjadi pilot project yaitu di Posyandu Jiwa KAMBOJA, Desa Sukosari Lor. Pada tanggal 4 Jul 2024 dilakukan kegiatan Posyandu Jiwa Kamboja yang didampingi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso serta beberapa nakes UPTD Puskesmas Sukosari dan kader-kader posyandu jiwa. Lintas Sektor juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut untuk membantu kelancaran kegiatan.

Beberapa kegiatan yang dilakukan saat Posyandu Jiwa adalah pemeriksaan kesehatan seperti ukur TB, timbang BB, cek tekanan darah, pelayanan obat, serta konsultasi. Edukasi kesehatan pun juga diberikan kepada pasien ODGJ untuk memberikan wawasan dan motivasi. Antusiasme pasien ODGJ membuat kegiatan menjadi menyenangkan dan berjalan sangat lancar.

Harapannya, semoga dengan adanya posyandu jiwa ini dapat memberikan kesembuhan kepada pasien ODGJ, meningkatkan dukungan keluarga dan masyarakat terhadap kesembuhan pasien ODGJ serta meningkatkan kepedulian masyarakat secara umum akan pentingnya menjaga kesehatan mental.

Share Berita Ini